Cara Kerja Sistem AC Central

Bagikan artikel ini di :
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email
Share on print
Print
bagan sistem ac central

Sebagai bahan pengetahuan dasar mengenai sistem pengkondisian udara menggunakan AC Sentral, berikut saya uraikan secara singkat.

AC sentral merupakan suatu sistem pengkondisian udara dimana proses pendinginan udaranya terpusat pada satu lokasi yang kemudian didistribusikan / dialirkan ke semua arah / lokasi.

Chiller
Adalah mesin pendingin yang berfungsi untuk mendinginkan fluida dalam hal ini air  melalui sebuah proses kompresi uap ataupun siklus pendinginan yang kemudian fluida tersebut bisa disirkulasi untuk didistribusikan ke peralatan air handling unit.

Pompa
Adalah alat yang berfungsi untuk menaikkan tekanan dan mensirkulasi fluida ke tempat lain dalam suatu sistem pemipaan.

AHU (Air Handling Unit) / FCU (Fan Coil Unit)
Adalah bagian dari peralatan perangkat HVAC (Heating, Ventilation and Air Conditioning) yang berfungsi sebagai media pertukaran kalor antara air dingin dengan udara.

Ducting
Adalah media penghubung antara AHU dengan ruangan yang akan dikondisikan udaranya, fungsi utama dari ducting adalah meneruskan udara yang didinginkan oleh AHU untuk kemudian didistribusikan ke masing-masing ruangan.

Beban Pendingin
Adalah sumber panas yang ada di ruangan yang dikondisikan.

Pemipaan
Adalah suatu sistem instalasi pipa yang berfungsi untuk menghubungkan peralatan-peralatan pada suatu sistem AC sentral dimana di dalamnya mengalir air.

 

Siklus aliran refrigerant pada mesin pendingin

Sebagai bahan pengetahuan dasar mengenai aliran refrigerant di sebuah mesin AC, berikut saya uraikan secara singkat.

Compressor
Compressor pada sistem pendingin memulai proses dengan menarik uap refrigerant bertekanan dan bertemperature rendah yang keluar dari evaporator kemudian menaikan tekanan dan temperaturnya dengan cara memperkecil volume/menaikan kecepatan gas.

Condenser
Di bagian ini uap refrigerant yang bertekanan dan bertemperature tinggi dikondensasikan melalui pendinginan oleh media air atau udara, akhir dari keluaran condenser ini refrigerant dalam fase cair.

Metering Device / katup Xpansi
Di bagian ini berfungsi untuk menurunkan tekanan dan temperature refrigerant secara drastis sehingga terjadi proses expansi yang untuk selanjutnya diteruskan ke evaporator.

Evaporator
Di bagian ini refrigerant dalam fase campuran (gas dan cairan) yang tekanan dan temperaturnya telah rendah akan menyerap panas dari media yang didinginkan berupa air ataupun udara, refrigerant dalam fase campuran yang masuk ke evaporator akan menguap karena menyerap panas dari media yang didinginkan.

Tentang Servicejasa

Servicejasa adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa service AC | perbaikan AC | kursus dan pelatihan AC | in house training | AC second | instalasi AC | cuci AC terdekat | jasa isi freon | teknisi berkualitas dan berpengalaman

Link Cepat

Hubungi kami di

Copyright © 2021, SERVICEJASA All rights reserved. Jasa Desain Website & Jasa SEO JoeLouisRock